Sebentar lagi waktunya mudik lebaran. Buat pawrent yang mau membawa anabul ikutan mudik ke kampung halaman. Kami punya beberapa tips untuk memudahkan 


Artikel ini dipersembahkan oleh Pet Meal Box, Luca The Dog Blogger, K9Piknik dan Kucingpedia. Tips untuk pawrent yang mau mudik lebaran bersama anabul. 


  1. Jangan menggunakan motor. Terutama untuk perjalanan jarak jauh. 

  2. Jika memang harus menggunakan motor, jangan bawa anabul menggunakan tas astronaut. Tas ini panas dan pengap di siang hari, bisa membuat anabul tidak nyaman dan bahkan sakit. Selain itu, tas astronot juga transparan, untuk anabul yang mudah panik, kondisi ini hanya akan membuatnya semakin panik. 

  3. Jika menggunakan mobil, pastikan anabul nyaman di tempat duduknya. Jangan biarkan anabul lompat-lompat di jendela. 

  4. Jangan meletakkan anabul di atas dashboard mobil. 

  5. Jika anabul tipe yang suka mondar-mandir tidak bisa duduk diam, ada baiknya gunakan kandang selama di mobil. 

  6. Pastikan AC mobil berfungsi dengan baik. 

  7. Sediakan kantong pupup, dog food, cat food, snacks dan air minun di tempat yang mudah diakses. 

  8. Istirahat setiap 3-4 jam. Pilih lokasi rest area yang sedikit sepi atau tenang. Memang susah tapi paling tidak, jauh dari keramaian. Keluarkan anabul dari mobil dan ajak jalan sebentar (jika memungkinkan). 

  9. Jangan biarkan orang-orang yang lalu lalang memegang anabul sembarangan. Ini bisa membuat mereka setres. 

  10. Khusus untuk anjing high energi, sebelum memulai perjalanan, bawa mereka jalan terlebih dahulu untuk mengurangi energinya. Jadi selama di mobil mereka bisa tidur nyenyak. 


Persiapan untuk membawa anabul ikutan mudik memang banyak. Oleh karena itu, jika memang sisuasinya tidak memungkinkan. Sebaiknya tidak perlu mengajak anabul mudik. Gunakan jasa pet boarding untuk menitipkan anabul selama kamu mudik. 


Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan.